Mengulik Keunggulan HESD Honda CBR1000RR SP

 
 
Mengulik Keunggulan HESD Honda CBR1000RR SP

Buat yang demen ngebut dan punya bujet unlimited, kayaknya wajib ngincer Honda CBR1000RR SP yang sudah dirilis ke Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Selain punya tenaga brutal, motor ini juga punya teknologi luar biasa canggih.

Salah satunya adalah Honda Electronic Steering Damper alias HESD. Teknologi canggih ini secara elektronis mengontrol karakteristik damping force berdasarkan kecepatan dan akseslerasi untuk menghasilkan handling kuat dan stabil

Ini adalah teknologi pertama di dunia yang dihadirkan oleh Honda dan sangat cerdas. So, meski brosis ngebut sekenceng-kencengnya, CBR1000RR SP ini bakal tetap stabil dan prima di trek aspal.

Jadi HESD bakal ngurangin perubahan sudut setir tapi tetap gampang dikendaliin pas mesin jalan di putaran rendah. HESD sendiri bisa disetel lewat ECU/software, dalam kekerasannya, dan sifat-sifat redamannya.

Kontrol HESD sepenuhnya dilakukan dari ECU, dan cuman sedikit input dari rider-nya sendiri. HESD juga terhubung sama sensor yang mendeteksi terjadinya perubahan pada kecepatan motor.

Pas brosis berjalan dengan pelan dan manuver menikung, sensor akan mengirim pesan ke ECU/modul untuk memerintah steering damper ngurangi hambatan, kemudi pun jadi ringan. Saat melaju di kecepatan tinggi, kemudi akan di-Lock untuk sedikit melakukan gerakan. Canggih bukan?


 
 
 

NEWS & COMMUNITY