Honda Twin Africa, Idola Para Penjelajah

 
 
Honda Twin Africa, Idola Para Penjelajah

Brosis yang nggak cuman doyan riding, tapi juga hobi menjelajah medan ekstrim dengan kuda besi, pasti bakal demen banget sama Honda CRF1000L Africa Twin. Doi emang ditakdirkan buat melesat di berbagai medan, aspal, lumpur, pegunungan, hingga medan yang supersulit sekalipun.

Buat nunjukin ketangguhannya, Honda mamerin motor ini di EICMA 2015. Ada dua tipe yang dipajang Honda, tipe dengan Switchable Rear ABS dan Multiple Mode Honda Selectable Torque Control (HSTC). Satu lagi versi yang pakai Honda Dual Clutch Transmission serta switchable rear ABS dan HSTC.

Di atas kertas, CRF1000L Africa Twin punya kapasitas mesin 998 cc yang didukung empat katup Unicam. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 93 hp pada 7500 rpm dan torsinya 98 Nm pada 6.000 rpm. Transmisi disiapkan 6 tingkat percepatan.

Kehadiran motor ini sendiri buat mengenang dual sport legendaris XRV750 yang produksinya dihentikan 12 tahun lalu. Nah, generasi penerus ini tampil lebih simple dan dijamin jauh lebih mantap dibanding versi sebelumnya.

Motor penjelajah ini tidak dibangun memakai platform yang ada. Honda malah membuat model baru dengan kemampuan Enduro dan Motocross kontemporer. Sasisnya memakai tipe dengan posisi crankshaft 270 derajat. Karena posisi ini, maka Honda menempatkan dua balancer untuk meredam getaran.

Buat menunjang kemampuan offroad, ban depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci bertipe tube tire. Ground clearance dibuat agak tinggi, yakni 25 mm dengan letak knalpot yang tinggi pula biar nggak gampang terbentur pas melaju di medan ekstrim.

Namun yang paling mengiurkan dari motor ini adalah teknologi anyar Dual Clutch Transmission (DCT). Selain menyediakan mode D untuk perpindahan gir otomatis, Honda juga menyematkan mode pengendaraan Sport agar perpindahan gir cepat lagi. Mode S sendiri terdiri dari 3 pilihan yang bikin Brosis tetap nyaman berkendara.


 
 
 

NEWS & COMMUNITY