Honda raih kemenangan ke-700 pada gelaran Grand Prix FIM Road Racing World Championship

 
 
Honda raih kemenangan ke-700 pada gelaran Grand Prix FIM Road Racing World Championship

INDIANAPOLIS, Amerika Serikat, 9 Agustus 2015 – Pebalap MotoGP dari Honda, Marc Marquez (Repsol Honda Team RC213V) berhasil meraih kemenangan di kelas MotoGP pada putaran ke 10 FIM Road Racing World Championship 2015 yang digelar di Indianapolis Motor Speedway, Indiana, Amerika Serikat. Dimulai dari balapan grand prix pertama pada tahun 1961, di tangan pengendara asal Australia, Tom Phillis dengan motor Honda RC143 pada kelas 125cc di Grand Prix pembuka musim 1961 di Spanyol, Honda telah mencapai 700 kemenangan grand prix

Sejak awal balapan di Indianapolis Motor Speedway, Honda sudah mencapai 698 kemenangan grand prix. Kelas Moto3 dimulai pada saat cuaca sedang gerimis, dengan kebanyakan pebalap top menggunakan ban basah. Pebalap 18 tahun asal Belgia, Livio Loi (RW Racing GP Hond NSF250RW) berjudi dengan memulai dengan ban slick, keputusan yang tepat karena pebalap dengan ban basah kerepotan dan membuat Loi berhasil meraih kemenangan setelah balapan yang konsisten, membawa Honda selangkah lebih dekat pada kemenangan ke 700.

Cuaca yang tidak menentu terjadi di kelas MotoGP yang digelar setelahnya, dengan hujan ringan pada sebagian akhir dari balapan kelas tertinggi. Marc Marquez (Repsol Honda Team RC213V) berhasil menjaga jarak dengan pemimpin balapan, dan dengan tiga lap tersisa pada lap 25 berhasil menyalip dan hingga akhir balapan, menjadi nomor satu dan meraih kemenangan, memberikan Marquez kemenangan beruntun ke dua (ke tiga musim ini), dan memberikan Honda kemenangan grand prix ke 700.

Pada tahun 1954, pendiri Honda Soichiro Honda mengumumkan keterlibatan Honda di gelaran balap motor waktu itu, Isle of Man TT, dengan target untuk “mewujudkan impian menjadi yang terbaik di dunia.” Setelah lima tahun mengembangkan mesin balap, Honda menjadi pabrikan motor Jepang pertama yang ikut serta pada Isle of Man TT. Pada tahun 1960, Honda mulai terlibat di kompetisi kelas 125cc dan 250cc FIM Road Racing World Championship, dan pada tahun 1961, Tom Phillis berhasil memenangi seri pembuka Grand Prix Spanish, memberikan Honda langkah pertama menuju kemenangan ke 700.

Honda lalu mulai terlibat di kelas 350cc dan 50cc pada tahun 1962, dan kelas 500cc pada tahun 1966, diikuti dengan memenangi gelar juara pada semua kelas di tahun 1966. Pada waktu itu, Honda menganggap aktivitas balapannya menjadi “laboratorium ban,” dan teknologi baru dikembangkan untuk memenangi balapan kejuaran dunia dan diterapkan pada produksi motornya. Dengan perkembangan drastis pada kualitas, pasar Honda berkembang dan mendukung motor Honda. Di akhir musim 1967, Honda menghentikan sementara aktivitas balap pabrikan yang kembali dimulai 11 tahun kemudian dengan 138 kemenangan grand prix.

Pada tahun 1979, Honda kembali ke kelas 500cc FIM Road Racing World Championship. Tiga tahun kemudian, pada tahun 1982, pebalap asal Amerika, Freddie Spencer memenangi seri ke 7 di Belgia dengan mengendarai Honda NS500, memberikan Honda kemenangan pertama mereka setelah kembali ke dunia balapan grand prix. Honda lalu melenggang dan memenangi grand prix di kelas 125cc dan 250cc, berkontribusi pada kemenangan ke 500 pada tahun 2001, saat pebalap Italia, Valentino Rossi memenangi kelas 500cc pada seri pembuka di Grand Prix Jepang. Di tahun 2005, pebalap Spanyol, Dani Pedrosa dengan Honda RS250RW berhasil memenangi kelas 250cc pada seri ke 15 di Australie, menandai kemenangan ke 600 Honda di grand prix.

Kemenangan Honda berdasarkan catatan FIM pada Moto2 sejak 2010 tidak dihitung, karena seluruh kelas menggunakan mesin Honda kelas Moto3 pada tahun 2012 tidak dianggap sebagai kemenangan Honda, sesuai dengan peraturan FIM, sebagai pabrikan terdaftar adalah FIR Honda (meskipun ditunjang oleh mesin NSF250R).
Takahiro Hachigo, Presiden, CEO dan Direktur Representatif Honda Motor Co., Ltd mengatakan, “Saya bangga akan kemenangan ke 700 Honda di FIM Road Racing World Championship. Pencapaian ini hanya bisa terjadi melalui kerjasama begitu banyak orang yang bekerja bersama, dukungan dari semua fan untuk aktivitas balapan Honda. Saya berterimakasih pada semua atar kontribusi dan dukungannya. Terima kasih banyak.”


 
 
 

NEWS & COMMUNITY