• Home
  • Sekolah Satu Hati Binaan AHM Raih Anugerah Adiwiyata
Sekolah Satu Hati Binaan AHM Raih Anugerah Adiwiyata

Jakarta – Sebanyak 11 Sekolah Satu Hati yang dibina oleh PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih Anugerah Adiwiyata Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara seiring keberhasilannya menjadi sekolah berwawasan lingkungan terbaik.

Program sekolah binaan AHM ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk turut membangun kesadaran berlingkungan hijau, bersih, dan sekaligus sehat di berbagai elemen masyarakat termasuk generasi muda.

Walikota Jakarta Utara Rustam Efendi (tengah) dan CSR Manager AHM Yudi Yozardi (ke-8 dari kanan) berfoto bersama dengan para kepala Sekolah Satu Hati penerima Anugerah Adiwiyata dan jajaran pejabat pemerintahan Jakarta Utara di halaman Kantor Walikota Jakarta Utara. AHM secara aktif mendukung Sekolah Satu Hati untuk mengembangkan program lingkungan hidup bentuk sebagai komitmen perusahaan untuk turut membangun kesadaran berlingkungan hijau, bersih, dan sekaligus sehat.

Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara diserahkan oleh Walikota Jakarta Utara Rustam Efendi kepada para kepala Sekolah Satu Hati pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Walikota Jakarta Utara, pekan lalu. Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Di tingkat kota Jakarta Utara, kesebelas Sekolah Satu Hati binaan AHM dianggap berhasil dalam menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan. Sekolah Satu Hati tersebut adalah SMAN 13 Jakarta, SMAN 18 Jakarta, SMAN 40 Jakarta, SMAN 41 Jakarta, SMAN 52 Jakarta, SMAN 72 Jakarta, SMAN 75 Jakarta, SMAN 110 Jakarta, SMAN 115 Jakarta, SMK Hang Tuah 1 Jakarta, dan SMP Hang Tuah 3 Jakarta. Untuk tahap selanjutnya, kesebelas Sekolah Satu Hati tersebut juga akan mengikut seleksi Sekolah Adiwiyata di tingkat provinsi dan nasional.

Bersaman dengan penyerahan penghargaan ini, SMA Negeri 80 Jakarta Utara yang juga merupakan Sekolah Satu Hati binaan AHM dikukuhkan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri. SMA Negeri 80 dianggap telah berhasil menjadi mentor bersama AHM bagi kesebelas Sekolah Satu Hati dalam menjalankan beragam program untuk berhasil meraih Anugerah Adiwiyata Kota Jakarta Utara.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHM senantiasa berkomitmen mewujudkan lingkungan yang hijau, bersih, dan sehat. Oleh karena itu, AHM sangat mendukung program-program lingkungan yang dilakukan oleh siswa Sekolah Satu Hati untuk mendapatkan anugerah Adiwiyata.

“Semoga anugerah Adiwiyata ini dapat memotivasi sekolah lainnya di wilayah Kota Jakarta Utara untuk semakin aktif melakukan beragam aksi kepedulian dalam rangka mewujudkan lingkungan hidup yang lebih hijau, sehat dan bersih,” ujarnya.

AHM secara berkesinambungan berupaya membantu Sekolah Satu Hati binaannya untuk menjalankan beraneka program dalam mewujudkan diri sebagai sekolah Adiwiyata. Sejak tahun 2014, AHM telah melakukan pembinaan dan pendampingan tentang lingkungan hidup kepada sekolah-sekolah tersebut melalui dukungan dalam bentuk sarana dan prasarana berupa media pembuatan pupuk kompos padat dan cair, tempat sampah pilah, media tanam hidroponik, tempat cuci tangan, pembenahan tanam sekolah, dan penanaman beraneka ragam tanaman obat keluarga khas Indonesia.

AHM juga melibatkan para siswa Sekolah Satu Hati dalam beraneka aktifitas untuk semakin menumbuhkan kesadaran berlingkungan. Pada peringatan Hari Ozon, AHM menggelar diskusi lingkungan hidup dan mengajak para siswa melihat proses pengolahan limbah di pabrik AHM di Cikarang. AHM juga mengadakan kompetisi angklung dengan lagu-lagu bertemakan lingkungan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup sebagai bentuk kampanye hijau melalui alat musik tradisional dimana angklung Sekolah Satu Hati tersebut merupakan donasi dari AHM. Pada Hari Bumi, AHM turut melibatkan para siswa untuk menanam 1.000 pohon mangrove di daerah Muara Gembong, Bekasi.

Follow Us on Twitter

Like Us on Facebook