Naik Motor Jaman Now, Ya Berdua Aja

Mengendarai sepeda motor sangat bergantung pada faktor keseimbangan. Pengendara harus mampu menjaga keseimbangan motor supaya berkendara terasa lebih nyaman dan aman.

Nah, tingkat kesulitan menjaga keseimbangan juga dipengaruhi oleh jumlah penumpang. Akan lebih sulit saat berboncengan dibanding berkendara sendiri. Jika boncengan berdua aja sudah menambah kesulitan menjaga keseimbangan, apalagi bertiga atau bahkan berempat.

Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan keselamatan sehingga diatur dalam Undang-undang No 22 Tahun 2009, tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan yang menegaskan bahwa mengendarai sepeda motor hanya boleh mengangkut (membonceng) satu penumpang saja. Jadi naik motor jaman now, boncengan ya berdua aja.

Pun demikian, baik pengendara maupun yang dibonceng sama-sama punya risiko dalam hal keselamatan. Karena itu, lakukan beberapa hal berikut supaya boncengan berdua lebih aman dan nyaman:

Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Dengan posisi duduk nyaman, tubuh tidak akan mudah capek. Selain itu, komunikasikanlah dengan penumpang atau sebaliknya agar posisi duduk tak mengganggu keseimbangan berkendara. Karena jika posisi duduk penumpang terlalu depan atau terlalu ke belakang akan memengaruhi keseimbangan berkendara.

Pakai Helm

Baik pengendara maupun penumpang harus menggunakan perlengkapan berkendara terutama helm. Cari_Aman menggunakan helm saat di atas motor akan melindungi kepala dan mengurangi risiko cedera kepala dari benturan jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Selalu Waspada

Waspada saat berkendara adalah sebuah keharusan. Supaya pengendara bisa membaca situasi dan kondisi jalan jika ada hal yang berpotensi menumbulkan kecelakaan. Perlu diingat juga yah, jangan berkendara sambil ngobrol dengan penumpang di belakang karena akan mengurangi tingkat konsentrasi berkendara.

Jangan Bawa Barang Berlebih

Bekendara berboncengan saja sudah memengaruhi tingkat keseimbangan, apalagi ditambah barang bawaan yang banyak, tentu tingkat kesulitannya akan bertambah. Selain itu, membawa banyak barang bawaan juga akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara dan badan pun akan mudah lelah.

Kontrol Kecepatan

Saat berboncengan, beban yang ditopang sepeda motor akan lebih berat. Selain berperngaruh pada kesimbangan, berat beban tersebut juga berpengaruh pada pengereman yang membutuhkan jarak lebih jauh.

Pasalnya saat terjadi pengereman, bobot keseluruhan (motor, pengendara dan penumpang) akan memberi daya dorong ke depan yang lebih besar, apa lagi jika pengereman dilakukan saat kecepatan tinggi. Karena itu, aturlah kecepatan sewajar mungkin agar keseimbangan dapat dikontrol dengan baik dalam kondisi apapun. 

Itulah beberapa tips Cari Aman yang harus diperhatikan saat berboncengan sepeda motor supaya bekendara berboncengn jadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan.