• Home
  • Safety Riding Camp, AHMBS, dan KTBSM Astra Honda
“Kawah Candradimuka” Milenial Bagi Generasi Muda

Jakarta – Indonesia saat ini tengah menyongsong era keemasan bonus demografi usia produktif hampir mencapai 70% dari jumlah penduduk. Hal ini akan menjadi berkah jika disikapi dengan menyiapkan generasi muda yang berkualitas sedini mungkin. Mengimbangi perkembangan zaman ini, komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) menggerakkan berbagai wadah pembelajaran bergaya milenial menjadi angin segar bagi generasi muda yang ingin berkembang.

AHM bergerak dinamis mengembangkan kawah candradimuka untuk menempa generasi muda unggulan melalui program Safety Riding Camp, Astra Honda Motor Best Student (AHMBS), Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Program-program ini menyasar berbagai segmen anak muda yang memiliki passion berbeda dengan pendekatan yang kreatif.

Pelatihan safety riding dengan gaya milenial tak luput dari perhatian AHM. Sebagai pelatihan yang membentuk karakter generasi muda yang peduli keselamatan berkendara, program ini terus berkreasi agar lebih berterima bagi mereka. Tak hanya menyampaikan teori dan menyediakan kesempatan siswa berlatih berkendara yang baik, AHM juga melatih mereka kemampuan fotografi, blogging, dan vlogging. Melalui payung program Safety Riding Camp, AHM mengajak mereka untuk mempromosikan keselamatan berkendara melalui style yang kekinian. Dengan kreasi foto, blog, dan vlog, diharapkan pesan safety riding bisa lebih efektif diterima oleh generasi muda.

Salah satu peserta AHMBS mempresentasikan karya bisnisnya. AHM mengapresiasi dan membantu mengembangkan inspirasi entrepreneurship generasi muda.

Sementara itu, program AHMBS, dari awal pelaksanaannya di tahun 2003, berkomitmen untuk memberikan apresiasi bagi siswa setingkat SMA yang memiliki prestasi terbaik. Berawal dari lomba karya ilmiah, AHMBS bertransformasi di era milenial menjadi ajang menempa diri bagi siswa yang memiliki passion di bidang entrepreneurship. Sejak tahun 2016, bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda se-Indonesia, AHM mencari generasi muda terbaik yang telah memulai bisnisnya sendiri.

Para siswa terpilih mendapatkan pelatihan komprehensif dalam bidang bisnis dan pengembangan diri dari level regional hingga nasional dari para pakar. Kesempatan bertemu peserta lain dari berbagai daerah juga mendorong wawasan mereka untuk memulai menjalin networking. Sesuai zamannya, mereka juga belajar untuk mengoptimalkan bisnisnya dengan menggunakan sosial media. Penggunaan sosial media terbukti memberikan dampak besar bagi mereka baik dari segi popularitas maupun dari segi creative dan critical thinking.

Siap Kerja

Kawah candradimuka bagi generasi muda yang menekuni bidang teknik sepeda motor diwujdukan dalan bentuk pengembangan dan implementasi Kurikulum TBSM Astra Honda sejak tahun 2010. Dikembangkan di 686 sekolah di 34 provinsi se-Indonesia, kurikulum ini menggodok para siswanya untuk siap kerja, berwirausaha, maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Memenuhi tantangan zaman milenial yang semakin kompetitif dan menuntut kemandirian, AHM melengkapi program pendidikan vokasinya dengan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYP). AHM menyiapkan materi AHYP ini secara komprehensif meliputi pembentukan mental dan motivasi kewirausahaan, pelatihan teknis kewirausahaan, pengenalan konsep Lingkungan Keselamatan Kesehatan Kerja (LK3), pelatihan managemen bengkel, dan penguatan pemahaman teknis sepeda motor. Untuk meningkatkan kualitas bengkel, peserta juga mendapat dukungan peralatan kerja di bengkel masing-masing.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan energi positif generasi muda akan berpengaruh pada negeri ini jika diarahkan dan didukung untuk berkarya yang positif. Oleh karena itu, AHM terinspirasi untuk mendampingi generasi muda mengembangkan diri dengan pendekatan milenial.

“Safety Riding Camp, AHMBS, dan Kurikulum TBSM Astra Honda merupakan kawah candradimuka generasi muda yang kami siapkan. Kami berharap kawah candradimuka ini bisa menjadi tempat dan sarana generasi muda belajar sebelum mereka berkecimpung dan mengkatualisasikan diri di tengah masyarakat,” ujarnya.

customer care

Honda Customer Care

ASTRA-HONDA.COM: Jl. Laksda Yos Sudarso - Sunter 1
Jakarta 14350, Indonesia
Tel. 0811-9-500-989