• Home
  • Generasi Muda Berkarya Melalui Pendidikan Vokasi Astra Honda
Menyiapkan Masa Depan Anak Muda Melalui Pendidikan Vokasi

Jakarta – Pendidikan vokasi kini menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan kualitas generasi muda Indonesia. Kesuksesan pengembangan pendidikan vokasi tentunya perlu didukung berbagai pihak, salah satunya pelaku usaha yang memahami kebutuhan di industrinya masing-masing. Di bidang otomotif, pelaku usaha yang sangat konsisten mengembangkan pendidikan vokasi di seluruh provinsi Indonesia adalah PT Astra Honda Motor (AHM). Perusahaan ini memiliki payung program “Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda” dalam mendukung pendidikan vokasi di Tanah Air untuk mendorong lahirnya output SDM yang sukses berkarya dengan menguasai keahlian terapan teknik sekaligus memiliki jiwa kewirausahaan.

Sejak dikembangkan pada tahun 2010, AHM telah berkontribusi mengembangkan sekolah dengan Kurikulum TBSM Astra Honda di 34 provinsi di Indonesia. Sebanyak 686 sekolah berkesempatan mendapatkan pembinaan dan pelatihan secara khusus dari AHM agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki link and match dengan dunia industri maupun yang mampu menjalankan usahanya sendiri. Pembinaan bersifat lebih matang dengan pembangunan 59 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang tersebar di nusantara.

Bekerjasama dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda se-Indonesia, kurikulum ini juga memberikan kesempatan para siswa mengenal dunia kerja melalui program magang (praktek kerja industri) di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Tercatat sebanyak 46.573 generasi muda telah memperdalam dan mempraktekan ilmunya dalam program magang ini di periode 2017-2018.

Siswa SMK Binaan AHM praktik memperbaiki unit motor dengan suasana dan peralatan yang terstandarisasi seperti di bengkel resmi Honda

Kesempatan berkarya untuk mengaktualisasikan diri juga didorong AHM melalui program Astra Honda Technical Contest for Vocational Schools yang diikuti oleh siswa-siswi terbaik se-Indonesia. Sejak 9 tahun diadakan, perlombaan ini mendorong mental juara siswa untuk selalu menghasilkan pekerjaan terbaiknya.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pendidikan vokasi sangat penting untuk menghasilkan generasi muda cerdas yang siap kerja, berwirausaha, maupun siap memperdalam ilmunya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya Kurikulum TBSM Astra Honda, AHM berharap mampu memberi kontribusi untuk menjadikan negeri ini kaya akan generasi muda yang berkualitas dan kompetitif.

“Melalui pendidikan vokasi Astra Honda ini, kami mendukung generasi muda untuk berkarya sesuai dengan passion bidang teknik yang mereka miliki. Besar harapan kami, kurikulum ini mampu memberikan visi bagi para siswanya untuk berani mengejar beraneka kesempatan di masa depan yang membanggakan negeri ini,”ujarnya.

Tiga Pilihan Lulusan

Lulusan SMK mitra binaan AHM berkesempatan menjadi wirausaha bengkel mandiri dengan Astra Honda Youthpreneurship Program.

Para lulusan pendidikan vokasi Astra Honda dapat langsung bekerja, berwirausaha, ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam mengembangkan ilmunya. Tercatat sebanyak 1.667 lulusan telah bekerja di AHASS di periode 2017-2018. Kemampuan lulusan yang bekerja di AHASS telah divalidasi melalui proses sertifikasi uji kompetensi keahlian di SMK yang memiliki TUK.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK yang terampil sekaligus siap menjalankan usahanya sendiri, AHM juga mengembangan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYP). AHM menyiapkan materi AHYP ini secara komprehensif meliputi pembentukan mental dan motivasi kewirausahaan, pelatihan teknis kewirausahaan, pengenalan konsep Lingkungan Keselamatan Kesehatan Kerja (LK3), pelatihan managemen bengkel, dan penguatan pemahaman teknis sepeda motor. Untuk meningkatkan kualitas bengkel, peserta juga mendapat dukungan peralatan kerja di bengkel masing-masing. Sebanyak 20 alumni telah mengikuti program ini sejak tahun 2017 dan akan terus bertambah di tahun-tahun berikutnya.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi para lulusan terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra melalui Beasiswa Prestasi Astra. Beasiswa ini meliputi fasilitas bebas uang kuliah dan subsidi biaya hidup selama 3 tahun.

Kurikulum TBSM Astra Honda juga memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada para guru yang diyakini AHM memiliki peran besar dalam mendorong kesuksesan bagi siswa. Selain itu, AHM juga memberikan bantuan paket buku ajar, bantuan sepeda motor sebagai media praktek dan special tools. Tak hanya itu, AHM juga membantu sekolah melakukan standarisasi fasilitas laboratorium praktek yang menyerupai bengkel resmi. Para siswa juga berkesempatan berkunjung ke pabrik AHM untuk menggali inspirasi dunia kerja yang sesungguhnya dengan melihat proses kerja dunia industri secara langsung.