Home » Corporate Social Responsibility » Pengendara Malam Motor Honda Bangkitkan Semangat Tertib Berkendara

Pengendara Malam Motor Honda Bangkitkan Semangat Tertib Berkendara

Bekasi – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Sahabat Satu Hati yang berasal dari unsur Pengendara Malam atau Honda Night Rider (HNR) melakukan kampanye keselamatan berkendara bagi generasi muda dengan mendidik dan menghidupkan semangat tertib berkendara bagi remaja siswa 6 SMA di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan simpatik ini merupakan bagian dari komitmen Sahabat Satu Hati yang dibentuk PT Astra Honda Motor (AHM) untuk membangun karakter dan budaya aman berkendara di jalan raya di berbagai lapisan masyarakat. Edukasi keselamatan berkendara yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Setu Bekasi pada Sabtu (21/5) ini bertujuan untuk membangun generasi muda yang tertib berlalu lintas dan proaktif dalam membagikan ilmu safety riding bagi lingkungannya.

Selain SMA Negeri 1 Setu Bekasi sebagai tuan rumah, acara ini juga diikuti oleh siswa sekolah lain yaitu SMK Teratai Putih Global 4 Bekasi, SMK Mutiara Jaya Bekasi, SMK Yapin 02 Setu Bekasi, SMK Karya Bahana Mandiri Bekasi, dan SMK Yanfis Bekasi.

Untuk menjaring siswa yang potensial dalam menjalankan kampanye safety riding ini, Sahabat Satu Hati bersama pihak sekolah membangung sistem seleksi siswa yang bisa mengikuti kegiatan ini. Siswa terbaik yang sudah memiliki Surat Izin Mengemudi dan diyakini memiliki komitmen tinggi berkesempatan mengikuti sosialiasi baik praktek maupun teori.

Aktivis Safety Riding dari Sahabat Satu Hati AHM akan menyampaikan teori safety riding yang komprehensif tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk membentuk kebiasaan tertib berkendara dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan, untuk praktik, mereka akan mendampingi siswa terbaik dari berbagai sekolah ini berlatih menggunakan alat simulasi berkendara berteknologi terkini Honda Riding Training (HRT) dan berkendara langsung di lapangan dengan sepeda motor Honda.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan pembentukan karakter dan semangat tertib berkendara itu butuh konsistensi, dukungan, dan keterlibatan banyak
pemangku kepentingan. Generasi muda merupakan salah satu agen pelaku penyadaran yang harus diajak untuk mengobarkan semangat keselamatan berkendara di kalangan pengguna jalan raya.

“Memperingati Harkitnas dengan cara seperti ini sangat positif. Honda Night Rider bisa jadi contoh Sahabat Satu Hati yang memiliki kepedulian tinggi untuk mengajak anak muda berkegiatan positif diantaranya dengan edukasi safety riding. Contoh bagaimana kerja nyata berbagi ilmu untuk memberikan manfaat di sekitarnya,” ujarnya.

Kegiatan ini akan memilih 10 siswa terbaik untuk dinobatkan menjadi Sahabat Satu Hati Peduli Keselamatan Berkendara yang akan bertanggung jawab membagi ilmu kepada lingkungan sekitarnya. Mereka akan mendapatkan bimbingan secara berkesinambungan agar karakter tertib
berlalu lintas tetap terjaga.

Dalam kesempatan yang sama Sahabat Satu Hati juga melaksanakan pendeklarasian peduli keselamatan berkendara bersama, mengadakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis, dan membuka bazaar dengan barang-barang harga terjangkau.

Bekerjasama dengan main dealer sepeda motor Honda area Jawa Barat PT Daya Adicipta Motora (DAM), Sahabat Satu Hati juga menggelar servis murah bagi para pengguna sepeda motor Honda yang hadir.

Honda Night Rider

Sahabat Satu Hati yang tergabung dalam Honda Night Rider (HNR) adalah karyawan AHM Plant Cikarang yang memiliki komitmen besar dalam menyebarkan virus keselamatan berkendara bagi masyarakat. Berdiri sejak 18 Maret 2016, HNR telah terbagi menjadi 8 kelompok yang berusaha menjadi contoh nyata sebagai kelompok yang tertib berlalu lintas sepanjang perjalanan mereka ke kantor dan pulang ke rumah. Selain itu, HNR mulai merintis untuk berperan dalam pembentukan karakter tertib lalu lintas generasi muda pada sekolah-sekolah di jalur yang mereka lalui.

8 kelompok tersebut adalah kelompok jalur Wanasari, jalur Tanjung Priuk, jalur Pondok Ungu Permai, jalur Lemah Abang, jalur Cibarusah, jalur Cibubur, jalur Bantar Gebang, dan jalur Karawang.