Home » Racing » Indonesia Raya Berkumandang di Thailand

Indonesia Raya Berkumandang di Thailand

Honda Asia Dream Cup Putaran Final – Thailand

Indonesia Raya Berkumandang di Thailand

Dua pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor memberikan hasil mengilap di putaran terakhir Honda Asia Dream Cup. Mencetak double podium dan mengumandangkan Indonesia raya di race pertama. Serta kembali mengibarkan Bendera Merah Putih di race kedua.

Astra Honda Racing Team | Chang International Circuit | 4/12/2016

Ajang Honda Asia Dream Cup memasuki putaran terakhir musim kompetisi tahun ini. Digelar berbarengan dengan Asia Road Race Championship di Chang International Circuit Thailand, Minggu ini (3-4/12/2016).

Dua pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor berhasil menunjukkan prestasi gemilang di pengujung seri ini. Mencetak podium ganda di race pertama. Yaasiin Somma memimpin balapan dan menjadi juara pertama, sedangkan teammatenya, M. Febriansyah menyabet juara 3. Indonesia Raya pun berkumandang di Thailand.

Yaasiin Somma menggebrak sejak sesi kualifikasi. Pebalap dari Bali ini membukukan catatan waktu 2:03.457 dan meraih posisi tercepat kedua. Saat balapan, Yaasiin terlihat dominasinya. Beberpa kali memimpin dan mampu membuat jarak dengan pebalap di belakangnya. Yaasin pun berhasil menjadi juara pertama.

Muhammad Febriansyah memulai balapan tidak mudah. Karena harus start dari grid 10. Tapi, berkat jam terbang dan kematangannya di ADC, pebalap yang akrab disapa Ferry berhasil merangsak di grup depan. Bersaing ketat dalam perebutan posisi kedua. Meskipun akhirnya harus puas di posisi 3. Dua podium untuk Indonesia di race pertama.

Di race kedua, Yaasin Somma mencoba melakukan strategi sama termasuk menggunakan sprocket 15/34. Tujuannya, akselerasi lebih bagus saat keluar tikungan. Strateginya hampir kembali berhasil di race 2. Namun di tikungan terakhir, pembalap asal Bali ini terlambat mengambil titik pengereman. Sehingga ban belakang sliding dan over control. Meski begitu, Yaasiin berhasil merebut podium 3. Merah Putih pun kembali berkibar.

Hasil dari posisi 1 dan 3 di race terakir ini membuat Yaasin naik posisinya di urutan ke-6 klasemen pebalap dengan total poin 121. Hanya terpaut 0,5 poin dengan pebalap urutan 5.

Ferry pun menunjukkan perjuangan yang luar biasa. Meski start dari posisi 10, beberapa kali memimpin balapan di posisi terdepan. Sayangnya, di lap terakhir membuat kesalahan. Terlalu melebar sehingga harus puas di urutan 4.

Meski begitu, di tahun keduanya di ajang ADC, Ferry sudah menunjukkan peningkatan. Tahun lalu, Ferry menduduki posisi 4 klasemen. Tahun ini, Ferry berhasil meraih urutan 3 di total klasemen pebalap dengan poin 143. Hanya terpaut 1 poin dengan pebalap urutan 2. Tahun ini Ferry membukukan rekor 3 kali menaiki podium juara.

5

M. Febriansyah


Facebook:
M.Febriansyah

Instagram: @feriqiflii88

“Saya salah strategi saat kualifikasi. Karena keluar berbarengan pebalap lain, sehingga banyak ketahan oleh mereka. Sangat susah bagi saya untuk mencetak waktu terbaik. Meski memulai di grid 10, saya yakin dengan kemampuan dan motor saya. Saya mencoba melakukan slipstreaming dari awal hingga berhasil bertarung di grup depan. Finish ketiga adalah hasil maksimal yang bisa saya raih. Di race kedua, sebetulnya saya bisa kembali podium, tapi saya membuat kesalahan di lap lap last corner. Racing line saya terlalu melebar, sehingga dimasuki oleh 2 pebalap lainnya. Saya sanget berterima kasih pada PT Astra Honda Motor yang telah memberikan kesempatan besar pada saya. Juga keluarga, teman dan seluruh masyarakat Indonesia yang terus memberikan supportnya.”

9

Yaasiin Somma


Facebook:
Yaasiin Gabriel Somma

Instagram: @yaasiingabriel

“Seri terakhir ini saya memang bertekad untuk memberikan penampilan yang terbaik. Saya berusaha mempelajari lay-out sirkuit sebaik-baiknya agar dapat time bagus saat QTT. Bekal grid yang bagus membuat saya bisa berada di barisan depan dan melakukan strategi dengan baik. Meski gagal doubel winner, tapi podium 1 dan podium 3 merupakan hasil terbaik saya di tahun ini. Terima kasih PT Astra Honda Motor. Balap di ADC 2016 memberikan banyak pelajaran dan manfaat bagi saya.”

Galeri Foto

Kontak Kami

Astra Honda Racing Team
Phone: 62-21 6518080 ext. 18113/18114
Twitter:
@astrahonda_RT 

Facebook:
Astra Honda Racing Team

Instagram:
Astra Honda Racing Team