AHM Luncurkan Honda CBR500R dan Segarkan line up Big Bike Honda

ahm  (1)

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda CBR500R sebagai line up terbaru jajaran big bike di Indonesia sekaligus segarkan Honda CB500F, Honda CB500X ABS dan Honda CB650F ABS yang memiliki tampilan baru. Untuk memenuhi kebutuhan pecinta motor besar, AHM melengkapi kehadiran jajaran big bike Honda ini dengan memperluas dan meningkatkan layanan premiumnya di jaringan sepeda motor Honda di Indonesia.

 

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan sejak AHM mengawali bisnis big bike di Indonesia, CB500 series sangat diapresiasi oleh pecinta big bike di Indonesia. Sehingga pada awal tahun ini AHM memperkenalkan CB500 series terbaru yang telah melalui evolusi besar-besaran pada eksterior dan fitur utamanya, bersamaan dengan warna baru CB650F.

 

“Khusus model CBR500R, kami telah menerima banyak permintaan dari konsumen agar model ini diperkenalkan di Indonesia untuk konsumen yang mendambakan pengendalian sempurna dan desain Supersport yang agresif. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami memutuskan untuk memperkenalkan CBR500R versi terbaru di tanah air.”

 

CBR500R

 

CBR500R telah di desain ulang dengan garis baru yang agresif dan mengalir dari sisi depan ke belakang dengan didukung mesin 500cc DOHC (mampu menghasilkan 35kw dan konsumsi bahan bakar 26,8 km/liter dengan mode WMTC) dan rangka besi diamond tube yang tetap sama. Keseluruhan styling ini berubah dan menghasilkan bentuk yang aerodinamis untuk melesat sempurna, lampu depan dan belakang LED semakin menambah tampilan premium.

 

Kapasitas tangki yang semakin besar dengan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara, perubahan bentuk tempat duduk dan penggunaan kunci kontak bergelombang atau wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.  Sensasi berkendara meningkat dengan penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, pengaturan shift drum desain baru untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang lembut, short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas  semakin memancarkan suara karakter mesin CBR.

 

Dalam pengembangan model ini Honda berkomitmen untuk mempertahankan modelnya yang compact, namun tampil unik dan garis yang tajam. Model ini mengadopsi DNA CBR1000RR yang memiliki garis bodi berkarakter sporti dengan desain Supersport yang agresif.

 

Dari sisi tampilan sisi depan yang dilengkapi dengan bentuk fairing semakin tajam dan sporti menyisir setiap lekukan sudut hingga lampu belakang.  Sudut yang tajam dari lampu depan ganda dengan teknologi LED tampil compact namun hadir dengan pencahayaan yang terang dikombinasikan dengan lampu senja (postion lamp) berkontribusi memberikan tampilan sudut  CBR500R yang tegas.

Lubang udara diatas lampu utama mampu mengalirkan udara masuk ke dalam fairing dan mengurangi tekanan udara secara frontal; saluran udara di bagian bawah fairing samping mampu mengurangi gerakan perputaran udara dan menghasilkan aliran udara lembut diantara helm pengendara.

 

Sensasi berkelanjutan dengan tema desain dari kontur sudut permukaan fairing cowl sekaligus menjadi saluran untuk membantu aerodinamika dan aliran udara ke kotak udara, ditambah dengan detail bodi tengah yang menyatukan garis karakter dan bentuk di sisi cowl dan fuel tank.  Setiap garis saling berkait melengkapi  dan dengan adanya fairing  dengan aplikasi warna hitam sebagian, memberikan kesan compact pada keseluruhan desain CBR500R ini.

 

Penambahan detil untuk memberikan manfaat maksimal bagi pengendara meliputi tutup tangki yang dilengkapi dengan engsel  dan tingkat pengereman yang bisa disesuaikan hingga 5 tingkatan.  Desain baru kunci kontak bergelombang lebih lembut saat dioperasikan dan memberikan kesan premium saat digunakan.  Pijakan kaki pengendara dan pembonceng telah dikurangi dari ukuran sebelumnya dan semakin memberikan sentuhan berkelas dan berkualitas dengan penyematan alumunium die-cast yang terintegrasi dengan pegangan pembonceng.  Kursi pembonceng terlihat lebih kecil dengan diberi sentuhan lensa lampu belakang LED and desain spakbor belakang yang terbuat dari plat besi  yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan keinginan pengendara.

 

Fitur dasbor yang  lengkap  dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia bagasi kecil dibawah tempat duduk belakang untuk penyimpanan.

 

Honda CBR500R hadir dengan dua pilihan warna yaitu Gunpowder Black dan Millenium Red.

 

CBR500R dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin mampu menghasilan layout yang memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

 

Ukuran diameter dan langkah model ini 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

 

PGM-FI fuel injection menghasilkan performa menakjubkan dan tenaga mencapai puncak 35kW  tiba di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

 

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara (rantai SV) dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

 

Diameter piston yang berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

 

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian. Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli saat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

 

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 in akan membuat berkendara di perkotaan lebih nyaman, shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

 

Rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder.  Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

 

CBR500R memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

 

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 194 kg.

Ketinggian jok 785mm, membuat CBR500R sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

 

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081mm x 756mm x 1150mm dan jarak ke tanah 140mm.  Kapasitas tangki sebesar 16.7 liter sudah termasuk penyimpanan cadangan.

 

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm dan 120mm stroke memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CBR500R dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern. Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

 

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

 

Honda CBR500R dipasarkan dengan harga OTR (DKI Jakarta) Rp 144.000.000,- telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan optimal.

 

CB500F

 

CB500F di 2016 hadir dengan tampilan baru yang agresif yang terpancar dari garis dari sisi depan hingga belakang, tetap mengusung mesin 500cc DOHC mampu menghasilkan tenaga 35kW dan konsumsi BBM mencapai 26,8 km/liter (mode WMTC) dengan penyematan rangka yang sama dari model sebelumnya yaitu model diamond-tube. Tampilan baru yang mengeksplorasi tampilan mesin secara keseluruhan disertai dengan sentuhan kualitas terbaik di lampu depan dan belakang LED.

 

Kapasitas tangki yang semakin besar menjadi 16,7 liter, dan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara dan penggunaan kunci kontak dengan bentuk wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.

 

Sensasi berkendara meningkat dengan penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, pengaturan shift drum desain baru untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang lembut, short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas  semakin memancarkan suara karakter mesin CBR serta memberikan peforma terbaik diseluruh putaran mesin.

 

Konsep styling CB500F yaitu mekanis dan agresif dilengkapi dengan lampu depan dan tempat duduk yang compact serta perampingan beberapa komponen di CBR500F menghasilkan bentuk trapesium yang compact dengan fokus pada bagian sekitar mesin dan rangka utama.

 

Fitur LED  pada lampu depan yang kecil namun tetap efisien  dipadukan lampu senja yang terletak di sisi atas kiri dan kanan menghasilkan tampilan yang tajam.  Karakter garis tajam yang terukir sampai kotak speedometer semakin  tajam dan memberikan daya tarik lebih di area depan.

 

Sementara itu shroud terbagi menjadi 2 bagian dengan shroud di sisi atas dengan aplikasi cat berwarna. Demikian juga bodi cover tengah yang semakin compact dengan karakter garis yang sesuai dengan garis tangki BBM, hal tersebut semakin menonjolkan rangka besi dan mesin paralel twin engine yang compact hadir dengan tampilan warna gold pada cover mesin dan cover crankcase-nya.

 

Pijakan kaki pengendara dan pembonceng telah dikurangi dari ukuran sebelumnya dan semakin memberikan sentuhan berkelas.  Kursi pembonceng yang compact dan terlihat mencolok diakhiri dengan tampilan lampu belakang yang tajam dilengkapi dengan teknologi LED serta spakbor belakang yang macho dari bahan plat besi  yang bisa dibongkar pasang.  Peningkatan secara detil yang lainnya ialah termasuk  tutup tangki yang dilengkapi hinged fuel cap dan tingkat pengereman yang bisa disesuaikan 5 tingkatan.  Desain kunci baru berbentuk wave atau gelombang lebih lembut saat dioperasikan dan memberikan kesan premium saat digunakan.

 

Tampilan dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan.

 

Honda CB500F tipe ABS dan STD dipasarkan masing masing dalam 2 pilihan warna yaitu Matte Gunpowder Black dan Millenium Red.

 

CBR500F dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin yang mampu memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dan rekayasa teknik yang diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

 

Ukuran diameter dan langkah  yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

 

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari airbox ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW  saat di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

 

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm

 

Diameter yang berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

 

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.  Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

 

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

 

Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

 

CB500F memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

 

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 190 kg.

 

Ketinggian 785mm, membuat CB500F sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

 

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081mm x 791mm x 1056mm dan jarak ke tanah 156mm.  Kapasitas tangki sebesar 16.7 liter sudah termasuk penyimpanan.

 

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm dan diamter berukuran 120mm memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CB500F dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna Biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern. Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

 

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan berbentuk wavy dengan ukuran 320mm menggunakan piston caliper ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan piston caliper tunggal. Spek ini sama baik untuk tipe ABS maupun tipe Standar.

Honda CB500F tipe ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 139.000.000,- dan tipe STD dipasarkan dengan harga OTR Rp 133.000.000,-

 

Honda CB500X

 

Honda CB500X mengusung mesin 500cc DOHC – menghasilkan power 35kW dan konsumsi BBM 26,8km/liter (mode WMTC) – menggunakan rangka baja diamond tube yang kokoh. Penyegaran pada tampilan Honda CB500X versi 2016 kini hadir dengan windscreen  lebih panjang dan sentuhan fitur lampu LED pada headlight dan taillight.

 

Perubahan pada ukuran tangki bahan bakar lebih besar dan detail perubahan pada tutup tangki hinged fuel cap, jangkauan tuas rem  yang kini dapat diatur, ubahan desain tempat duduk dan alur kunci kontak berdesain baru mampu menumbuhkan pengalaman berkendara yang berbeda.  Kenyamanan berkendara pada model ini juga semakin baik dengan aplikasi tambahan adjustable spring preload pada bagian depan dan daya redam shock belakang yang lebih baik, serta peningkatan mekanisme perpindahan gigi yang semakin halus.

 

Honda CB500X menyuguhkan keseimbangan antara bentuk yang compact, ukuran yang mudah dikendalikan, dan kemampuan menginspirasi untuk penjelajahan yang nyaman. Pada tahap lanjutan ini, engineer Honda ingin meningkatkan sensasi kebebasan menjelajah dengan konsep “feel the adventure.”

 

Lampu LED pada headlight terlihat kecil tapi powerful. Garis tegas menyudut dimahkotai dengan lampu senja ganda dan sentuhan warna perak di bawah windscreen yang membuat tampilan CB500X mirip dengan big bike Honda dengan kapasitas mesin yang lebih besar seperti NC750X, VFR800X Crossrunner and VFR1200X Crosstourer. Dua tutup panel samping menyatukan desain belakang dan depan dengan aplikasi cat pada bagian atasnya. Cover mesin berwarna hitam menyempurnakan desain baru ini.

 

Memiliki ukuran lebih panjang 100mm dibandingkan dengan model sebelumnya, model windscreen baru mampu memberikan perlindungan lebih maksimal, terutama bagian atas tubuh pengendara. Saluran udara di posisi tengah mampu menyeimbangkan tekanan dan mengurangi turbulensi di sekitar helm. Windscreen memiliki dua pilihan ketinggian yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

 

Kapasitas tangki BBM Honda CB500X versi 2016 yang bertambah menjadi 17,5 liter. Detail upgrade yang bermanfaat bagi pengendaranya antara lain berupa tutup tangki BBM berengsel dan 5-pilihan rentang tuas rem yang bisa disesuaikan. Alur kunci kontak bergelombang atau wave juga dibuat lebih halus sehingga memberikan rasa mewah saat digunakan, dan perangkat tempat duduk juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian belakang.

 

Tampilan baru dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak.  Tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan dan pelat pengamanan disiapkan untuk mengamankan sisi bawah mesin dan pipa knalpot dari permukaan kasar dan berbatu.

 

Sementara itu Honda CB500X ABS dipasarkan dengan pilihan warna Pearl Horizon White dan Millenium Red.

 

CBR500X dilengkapi dengan mesin 8-valve parallel twin berpendingin cairan mampu menghasilkan keseimbangan sempurna untuk dimensi yang lebih padat dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

 

Ukuran diameter dan langkah  yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan bobot ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

 

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW  saat di putaran 8.500 rpm di torsi 43Nm pada putaran 7.000 rpm.

 

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara (SV Chain) dengan permukaan dari pins yang telah dilapisi dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

 

Diameter piston berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal berproses).

 

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan beberapa jarak diameter piston sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.  Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

 

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

 

CB500X memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan derajat batas yang memberikan hasil berlimpah atau umpan balik bagi pengendara saat perbedaan permukaan jalan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

 

Jarak sumbu roda 1420mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/108mm menghasilkan kelincahan yang menghasilkan berkendara prima. Sentralisasi massa dengan mesin sangat dekat dengan titik pivot swingarm memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 196 kg.

 

Ketinggian jok 810mm, membuat CB500X sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi. Dimensi keseluruhan adalah 2098mm x 826mm x 1358mm dengan jarak terendah ke permukaan tanah 167mm.

 

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm (140mm swingarm) mengaplikasikan pengaturan tingkat redaman suspensi bersamaan dengan suspensi belakang Pro-Link yang telah menerapkan 5 langkah penyesuaian dan penyesuaian tingkat redaman menghadirkan fleksibilitas saat berkendara sesuai dengan beban motor. Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

 

Velg terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17. Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Honda CB500X ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 147.000.000,-

 

Honda CB650F Hadir dengan Warna Baru

 

Model ini dilengkapi dengan mesin 650cc DOHC 4 silinder yang telah dirancang untuk menghasilkan torsi tinggi dan respon di putaran rpm rendah ke medium terutama dibawah rpm 4.000.

Team pengembang melibatkan banyak insinyur di usia 20 tahun, dipilih untuk menghasilkan motor dengan fokus target anak muda. Di awal mereka memutuskan bahwa mengejar performa puncak pada batas garis merah harus dihilangkan dari agenda. Di model naked, akselerasi terbaik sejak dari awal, rentangan torsi rendah ke sedang dan pengoperan gigi rendah terus memutar gas yang memberikan respon sesuai yang ingin dicapai telah menjadi faktor yang terpenting.

 

Suara yang nyaring diatas 6.000 rpm sekaligus memangkas biaya operasional saat melaju di jalan raya berkarakter cepat juga menjadi perhatian.  Mesin telah di desain untuk tampil mempesona tanpa terganggu oleh saluran di sisi luar yang menutupi garis desain. Posisi berkendara berada di posisi yang jauh dari chassis untuk menghasilkan distribusi beban secara optimal, dapur pacunya sungguh merupakan jantung dari sosok ini.

 

Rangka besi twin-spar dari CB650F yang kuat memberikan keseimbangan sempurna dilengkapi dengan cast pivot plates dan lengan ayun alumunium.  Peredam kejut belakang bekerja secara langsung pada lengan ayun dan tepat dipasangkan dengan suspensi depan teleskopik berukuran 41mm, velg dengan desain baru berbentuk palang 6. Rem cakram ganda depan berukuran 320mm dan rem cakram tunggal belakang berukuran 240mm menghadirkan pengereman optimal dilengkapi dengan 2-channel ABS.

 

Karakter suara berkelas, garis agresif dan siluet sudut menghasilan tampilan CB650F semakin menarik sementara titik grafitasi berada di posisi rendah, terasa langsing, posisi berkendara tegak dan stang kemudi yang lebar memberikan pengendalian sempurna.

Mesin CB650F berpendingin cariran telah mengaplikasikan arsitektur internal yang compact, 6 percepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan hingga  30°. Kepala silinder mesin DOHC 16 katup mengaplikasikan cam actuation dan cam timing yang menyeimbangkan performa torsi maksimal dan kemampuan berkendara dibawah 4.000 rpm.

 

Ukuran diameter dan langkah  yaitu 67mm x 46mm.  Optimalisasi dimensi panjang con-rod telah menurunkan gaya samping dari tiap piston dan lubang ‘pernafasan’ di dinding crankcase antar blok mengurangi kehilangan daya pompa saat rpm meningkat.  Piston telah dikembangkan menggunakan Computer Aided Engineering (CAE) dan pinggiran asimetris meminimalkan kontak dengan diameter sekaligus mengurangi gesekan.  Besi penyangga di sisi luar permukaan silinder bertekstur mengurangi pemakaian oli (dan gesekan) sekaligus meningkatkan perpindahan panas.

 

SV cam chain yang halus mengurangi hilangnya gesekan dengan aplikasi dari lapisan Vanadium di pin dan pompa air yang telah di desain dengan kajian CAE terkait aliran air, lebih compact, ringan dan efisien.

 

Tenaga puncak 64kW dicapai pada putaran 11.000 rpm dengan torsi masimal 63 Nm pada putaran 8.000rpm.  Mesin ini merata di semua rpm  yang merupakan karakter dan resonansi yang dihasilkan oleh mesin 4 silinder segaris.

 

Saluran air internal dari kepala silinder ke silinder jauh dari kesepakatan yang bagus untuk pipa eksterior yang biasanya dibutuhan dan motor untuk tampil minimal, indah dan anggun sekaligus bergaya secara fungsi. Peletakan filter oli (di belakang mesin) dan pendingin oli (di depan kiri) serta jalur oli secara langsung akan memperkuat tampilan secara visual serta memungkinkan penggunaan knalpot sisi kanan dengan konfigurasi  4-2-1.

 

Gaung yang kuat dari produksi Honda CB400/4 lansiran tahun 1974, desainnya mengoptimalkan dimensi panjang dan diameter dari pipa di bagian bawah, sekaligus plat pengatur aliran udara yang sudah dipatenkan untuk meningkatkan torsi. Knalpot yang berdesain pendek, padat dan berlapis – 400 sel penyaring – memberikan kontribusi sentralisasi massa.

 

PGM-FI fuel injeksi menyemburkan dari aliran ke bawah kotak udara dan saluran kecepatan tinggi dengan lebar 30mm dengan asupan aliran udara diarahkan langsung membentuk garis dengan cepat. Ini dioperasikan berdasarkan informasi dari 4 sensor bodi terpisah pada diameter tuas gas berukuran 32mm untuk menghasilkan respon gas yang akurat dan lembut.  Penempatan yang seksama posisi dan sudut dari tuas gas memungkinkan lebar rangka yang lebih ramping dan meningkatkan kemampuan pengendalian pengendara.

 

Untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar optimal pada bukaan gas yang konstan (berkendara saat kecepatan tinggi) katup kecil secara bersamaan bekerja menciptakan peta pengapian secara spesifik; konsumsi BBM 21,7 km/l (mode WMTC).

 

Rangka besi tipe diamond dengan ukuran ganda 64mm x 30mm berbentuk elips.  Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar – memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara. Kemiringan sudut suspense depan berada di 25.5° dengan jejak 101mm dan jarak sumbu roda 1,450mm.  Berat kotor ABS : 208 kg.

 

Plat pivot lengan ayun ditempa dan dilas bersamaan sementara itu lengan ayun alumunium hasil proses pengecoran grafitasi menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada diatas knalpot di sisi kanan.  Peredam kejut yang dapat disesuaikan 7 tingkatan dengan tube tunggal dan peredam tunggal menggerakkan lengan ayun secara langsung.  Kedua peredam belakang dan peredam teleskopik 41mm (stroke : 120mm) telah dikembangkan untuk bekerja langsung dengan rangka yang bekerja dinamis menghasilkan kelenturan, pengendalian netral di segala kondisi.

 

Velg alumunium palang enam menggunakan ukuran ban depan radial 120/70-17 dan ban belakang radial ukuran 180/55-17.  Piringan cakram beralur gelombang memanfaatkan teknik pembuatan yang sama dengan NC750 silinder ganda series : sisi belakang 240mm terbentuk di bawah sisi depan berukuran 320mm, hemat bahan (dan tentu saja biaya) yang dipersembahkan bagi konsumen.  Kaliper rem depan berpiston ganda dan piston tunggal belakang menghasilkan daya  pengereman yang berlimpah dengan 2 channel ABS.

 

Posisi pemusatan massa ke depan dengan meminimalkan sisi depan dan sisi belakang yang menggantung menghadirkan tampilan CB650F yang berotot, merunduk siap beraksi.  Tampil semakin dramatis pendek dan padat dengan penyematan dimensi tanki bahan bakar pendek, penutup shroud dan fairing depan yang tajam dibalut dengan tampilan menyempit ke sisi atas belakang.  Peletakan hinged di sisi belakang memudahkan jalur ke kepala silinder untuk pemeliharaan.  Kedua lampu senja dan lampu belakang sudah berteknologi dan tampilan lampu depan khas CB berbentuk ‘V’.

 

Posisi berkendara tegak natural dan sedikit condong ke depan, menempatkan pengendara dekat dengan pusat grafitasi motor.  Setang motor tinggi berbentuk tabung yang lebar memudahkan pengoperan dan pijakan kaki memberikan ruang yang cukup didukung dengan tali keamanan.  Ketinggian jok 810mm dan profil kursi  pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah.

 

Tampilan dasbor terdiri dari ayar digital kembar yang luas.  Di sisi kiri peletakan jarum putaran mesin dan speedometer sementara sisi kanan pengukur bahan bakar, jam, odometer dan lampu peringatan.  Kedua sisinya diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih.  Kunci kontak berbentuk gelombang menghadirkan keamanan dan mengurangi resiko kerusakan.

Hadir dengan warna Metal Gun Black Red, model ini dipasarkan dengan harga OTR Rp 235.000.000,-

 

Line up big bike Honda diluncurkan pertama kali di Indonesia pada Juni 2015. Penerimaan yang positif tercatat sepanjang 6 bulan pertama kehadirannya di Negeri ini. Pada periode Juni-Desember 2015, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia, penjualan big bike Honda tercatat 101 unit.

 

Layanan Premium Satu Pintu

 

Mengiringi kehadiran 4 big bike baru ini, AHM meningkatkan layanan untuk para pecinta big bike dengan memberikan layanan premium satu pintu untuk memudahkan konsumen dalam berinteraksi dengan layanan penjualan maupun purna jual. Di tahun ini, AHM telah mempersiapkan 20 AHASS Pendukung yang dapat melakukan perawatan dan perbaikan ringan big bike Honda.

 

Dalam One Stop Premium Services ini, AHM bersama jaringannya telah menyiapkan petugas penjualan terpilih dan mekanik big bike terlatih yang akan memberikan layanan khusus bagi valued customer big bike Honda. Layanan premium satu pintu Honda ini didukung oleh orang sales force yang siap menjadi personal assistant. ‎Mereka akan mengatur dan memberikan prioritas sejak saat pembelian, pengantaran unit hingga pengaturan jadwal pemeliharaan berkala big bike Honda.

 

Showroom Big Wing Honda ini memiliki layanan purna jual khusus, seperti bantuan darurat di jalan (Emergency Road Asistant) gratis 24 jam. Selain itu, AHM juga memberikan garansi mesin, kelistrikan dan rangka selama 2 tahun dan gratis jasa servis 4 kali hingga 18.000 km atau selama 2 tahun. ‎  Pada saat kondisi darurat, para valued customer dapat menikmati layanan jemput unit yang akan diservis (Pick Up Service) ke bengkel dengan pit khusus.

 

Layanan khusus big bike dikembangkan di 7 kota besar bekerjasama dengan 8 Main Dealer yaitu Astra Motor Jakarta dan PT Wahana Makmur Sejati (DKI Jakarta), PT Daya Adicipta Motora (Bandung – Jawa Barat), Astra Motor Semarang (Semarang – Jawa Tengah), Astra Motor Jogja (DIY Yogyakarta), MPM Surabaya (Surabaya – Jawa Timur), Astra Motor Denpasar (Denpasar – Bali) dan Astra Motor Makassar (Makassar – Sulawesi Selatan.

 

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan ‎untuk melengkapi layanan bagi valued customer big bike ini, AHM telah menyiapkan  instruktur safety riding yang secara khusus akan memberikan pelatihan keselamatan berkendara big bike. Sesi safety riding ini diberikan dengan pengaturan waktu khusus bekerjasama dengan 8 Main Dealer Honda.

 

“Kami berharap jajaran model big bike Honda dan layanan premium yang kami siapkan ini dapat semakin memberikan rasa bangga memiliki big bike Honda.” ‎

 

AHM  turut mendukung kegiatan valued customer Honda big bike yang telah mendeklarasikan komunitasnya pada rangkaian acara akbar tahunan Honda Bikers Day pada November 2015. Komunitas big bike mengusung nama Honda Big Bike Indonesia (HOBI).