honda menu close

International RaceIsle of Man TT (Tourist Trophy)

legends

img International RaceIsle of Man TT (Tourist Trophy) merupakan sebuah acara balap motor yang diadakan setiap tahun di Isle of Man pada bulan Mei atau Juni sejak pertama kali diadakan pada tahun 1907. The Isle of Man TT selama bertahun-tahun merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia dan juga dapat dilihat sebagai ujian tersulit bagi para kompetitor dan mesin-mesin balap serupa. The Isle of Man TT telah terdaftar oleh Auto-Cycle Union (ACU) (sebelumnya Auto-Cycle Club) sejak 1907 dan saat ini diatur oleh ACU Events Ltd, anak perusahaan dari ACU, sejak tahun 2008.

Kompetisi Isle of Man TT pertama diadakan pada hari Selasa, 28 Mei 1907 dan masih bernama The International Auto-Cycle Tourist Trophy. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Auto-Cycle Club dengan 10 putaran dari Isle of Man St John's Short Coursesepanjang 24,1 KM untuk sepeda motor ‘touring’ legal dengan peredam saluran pembuangan, sadel, pedal dan mudguards.

Ajang Balap TT sejak pertama kali diadakan tahun 1907 merupakan format time-trial. Balapan yang diadakan di Lintasan Clypsepada periode tahun 1954-1959 ini memiliki tipe start tradisional bersama Lightweight TT Race tahun 1924 dan Clubmen TT Races dari tahun 1948, yang juga merupakan balapan dengan “start massal”. Format yang ada sekarang adalah “clutch start” dan para kompetitor akan “memulai dengan perbedaan 10 detik untuk tiap pengendara”

img Pada tanggal 13 Januari 1954, sebuah kelompok beranggotakan tiga orang Jepang berangkat dari Bandara Haneda di Tokyo, menuju Brasil. Berangkat untuk mengikuti balap sepeda motor internasional untuk memperingati 400 tahun kota São Paulo adalah Mikio Omura dan Toshiji Baba, pebalap dan teknisi, untuk Honda, dan Katsuhiro Tashiro, pebalap untuk Meguro. Ini pertama kalinya sepeda motor dan pengendara Jepang, ikut berkompetisi pada ajang internasional.

Pada kompetisi ini, Omura berada di posisi ketiga belas dari 25 pebalap lainnya. Rata-rata kecepatannya mencapai 115 km/jam. Namun, bagian yang lebih sulit belum datang. Tashiro, pebalap dari Meguro yang masuk di kelas 250cc, terjatuh saat berlatih dan mengalami patah pada tangan kirinya. Oleh karena itu, ia tidak dapat berpartisipasi dalam ajang utama.

Setelah kompetisi di Brazil, keinginan Soichiro Honda untuk menerima tantangan tersebut semakin besar. Tidak ada momen yang disia-siakan dalam memasuki kompetisi untuk mengambil alih Dunia, dan ia membutuhkan sebuah venue. Saat itu masih cukup awal untuk bergumul di pasar. Honda tidak memiliki produk untuk di ekspor ke negara-negara maju. Namun, balap menawarkan sebuah kesempatan untuk bersaing dengan dunia. Jadi, pada tanggal 20 Maret 1954, Soichiro Honda mengumumkan untuk ikut serta dalam ajang balap Isle of Man TT dan memenangkannya.

Soichiro Honda melakukan perjalanannya ke Eropa pada 9 Juni, 1954. img Tujuan utamanya adalah untuk mengamati balapan Isle of Man TT dengan mata kepalanya sendiri. Markas besar TT Race dibangun pada bulan Oktober, dan Kiyoshi Kawashima didaulat untuk mengembangkan mesin balap. Pada April 1955, suksesor E-Type akhirnya muncul di pasar. Pertama, hadir Dream SB 350cc. Pada bulan berikutnya, tepatnya Mei, muncul Dream SA 250cc. Keduanya merupakan generasi baru, terbaik dikelasnya, yang diperkuat oleh mesin OHC pertama Honda. SB memiliki keluaran tenaga sebesar 14.5 PS, dan SA 10.5 PS. Hal ini menandakan lahirnya mesin Honda pertama yang memiliki keluaran tenaga diatas 10 PS.

Pada saat itu, Jepang mengalami perang penjualan domestic yang cukup ketat dengan para produsen sepeda motor yang mempertaruhkan segalanya untuk menang. Ajang balap sangat berkembang, dan seluruh produsen ikut bersaing didalamnya dikarenakan pemenangnya dapat menggunakan kemenangan sebagai salah satu daya jual mereka. Pada bulan Juli, SA yang baru saja debut memenangkan kompetisi pertamanya pada ajang balap Fuji Mountain Climbing, dimana Honda tidak pernah menang sebelumnya.

Bulan November merupakan awal mula apa yang sekarang orang-orang kenal dengan Asama Race. Sebuah sirkuit tersedia pada balapan kedua, dimana dulu biasanya menggunakan jalan umum sebagai sirkuit balap. Honda memasukkan mesin yang diatur sedemikian rupa berdasarkan Dream SA 250cc dalam tiga kelas , 250, 350 dan 500cc. Hasilnya adalah posisi kedua, pertama, dan pertama.

img Pada tanggal 5 Mei, 1959, anggota dari Tim Honda sampai di Isle of Man. Isle of Man TT 1959 menjadi saksi keikutsertaan tim Jepang pertama kali dalam seri World GP, keempat sepeda motor Honda 125cc dibawah naungan Kiyoshi Kawashima, yang dipercaya dan didukung penuh oleh Soichiro Honda. Hasil dari ajang ini adalah Honda yang berhasil menduduki posisi ke-6, 7, 8 dan 11 pada kelas 125cc light weight, serta mendapat penghargaan Manufacturers’ Team Award. Pada masa itu, tingkat kesuksesan ini sangat luar biasa, mendorong Honda untuk ikut berkommpetisi dalam seri full GP di tahun berikutnya.

Pada tahun ketiga program tantangan TT, akhirnya Honda berhasil mengangkat piala kemenangan pada Isle of Man atas performa luar biasa Mike Hailwood dengan Honda RC162 yang memungkinkannya untuk menerima kemenangan pada kelas balap 125cc dan 250cc. Tentu saja, produsen jepang tersebut menyabet lima posisi teratas pada kelas 125cc dan 250cc, yang membuat Soichiro Honda sangat senang.


  Next »
1 / 2